Friday, June 26, 2015

Jual sekam bakar di lembang

Truk - mutan - sekam - bakar
Sekam bakar merupakan media alternatip untuk tanaman hidroponik yang banyak digunakan petani modern. Pembuatan sekam bakar tidaklah susah namun memerlukan tempat yang jauh dari pemukiman, karena proses karbonisasinya menghasilkan asap yang cukup banyak dan menggangu apabila dekat dengan pemukiman penduduk. jarak minimal pembakaran dengan penduduk lebih dari 1Km untuk lahan yang datar, sebaiknya pembakaran berada di dekat lembah agar asap yang dihasilkan dapat di pecah oleh angin lembah yang arah anginya terus berubah ubah. Sekam bakar juga banyak digunakan untuk penyaringan air bersih agar air lebih jernih karena kandungan karbon sekam bakar dapat menyerap racun dan kotoran yang menyerap pada air.

Pengiriman - Sekam - Bakar
Kami Tim Green Lembang meproduksi dan menjual sekam bakar  sesuai dengan spek yang diinginkan konsumen , kami telah banyak kerja sama dengan petani petani hidroponik, dan kami juga menyediakan penampungan limbah sekam bakar yang telah digunakan pertanian hidroponik, untuk kami olah kembali menjadi pupuk organik, media tanam bunga hias. Dan bagi yang membutuhkan sekam bekas hidroponik bisa menghubungi kami.

Kebutuhan sekam bakar semakin tahun semakin  meningkat ini terbukti dari banyaknya pertanian modern yang telah sukses dalam produksi pertanianya, karena menggunakan Sekam Bakar sebagai media tanamnya. Dalam pelayanan pasca jual kami sangat berharap masukan dari para petani untuk perbaikan produk sekam bakar yang kami produksi agar bisa sesuai dengan kebutuhan ataupun spek yang terbaik sesuai dengan cara masing masing petani.

Dalam pengepakan muatan kami sangat behati hati agar kontur sekam bakar yang kami produksi tidak hancur dan tidak boleh terinjak atau di lempar. karena kontur sekam bakar rapuh dan sangat berpengaruh untuk pertumbuhan akar tanaman dan kepadatan media tanam.

Pengriman sekam bakar maksimal 400 karung per truk pengangkutan. Tidak boleh dipadatkan atau di injak injak. Pada saat bongkar muatan harus hati hati dan disimpan rapih tersusun dan bisa dihitung untuk cek pisik serah terima barang.

Bahan - Sekam - Bakar
pada saat bulan oktober sampai bulan desember para petani padi biasanya mengalami panen yang sedikit karena kemarau. bulan januari sampai maret biasanya para petani padi serentak menanam padi karena awal musim hujan. Berdasarkan pengalaman dari kami dari bulan oktober sampai maret merupakan waktu kekurangan stok sekam mentah untuk sekam bakar, sehingga harga sekam mentah bisa naik sampai 50% dari harga biasa. dan ini mengakibatkan naiknya harga sekam bakar bahkan tidak bisa produksi.sehingga kami menyarankan kepada konsumen untuk melakukan proyeksi stok sekam bakar untuk bulan bulan tersebut. Bulan januari sampai maret biasanya total hampir tidak ada stok  karena berebut dengan industri peternakan ayam , pembakaran bata merah dan industri semen, ini gambaran dari pengalaman kami semoga bermamfaat bagi konsumen dan dapat membuat persediaan yang cukup untuk bulan bulan yang keritis.

Bagi petani yang membutuhkan sekam bakar bisa memesan langsung ke Green Lembang.

Friday, June 19, 2015

Perkembangan Peternakan Sapi Perah Tradisional Di Lembang

Kebun Rumput
Peternakan - Sapi - Perah - Lembang
Perkembangan peternakan sapi perah di Lembang Mulai sejak tahun 1971 itu saya catat dari berdirinya koperasi KPSBU Lembang Yang merupakan koperasi terbesar di Lembang."Karena pada saat itu saya belum lahir..." Kali ini saya ingin bebagi pengalaman tentang dunia peternakan yang ada di lembang, perkembanganya dari mulai sangat sederhana sampai saat ini baik kehidupan ataupun sarana dan alat yang digunakan real ...berdasarkan pengalaman saya dari kecil sampai sekarang kayaknya sangat menarik untuk di simak sebagai dasar untuk perkembangan peternakan kedepan atau jawaban jawaban pertanyaan seputar peternakan sapi perah di Lembang.Perkembangan Peternakan sapi perah di Lembang berkembang pesat sejak berdirinya Koperasi KPSBU Lembang, dengan berdirinya koperasi KPSBU sangat membantu pemasaran susu hasil produksi para peternak Dengan adanya koperasi, pemasaran maupun harga susu dapat di setabilkan dan mempunyai kepastian. Dan dalam hal pelayanan terhadap anggota pun sangat baik...dari mulai pengobatan, kesehatan hewan, Inseminasi buatan (IB) bisa lebih murah bahkan geratis. Pelayanan persediaan kebutuhan poko peternak, Pinjaman tanpa bunga dan sebagainya dapat langsung disediakan Koperasi.

Sebetulnya pada tulisan kali ini saya ingin meceritakan pengalaman beternak sapi perah semenjak saya kecil. Karena pengalaman ini kayaknya layak untuk di sare kepada rekan rekan sesama peternak atau yang ingin menjadi peternak....Ayo kita mulai ceritanya...

Dulu waktu kecil seingat saya pekerjaan bapak saya sebagai pedagang dan juga petani , beberapa tahun kemudian entah apa sebabnya bapak saya beralih propesi menjadi peternak pertama beternak bapak saya mempunyai dua ekor sapi, satu milik sendiri yang satu paroan (kerjasama bagi hasil), saya mulai dilibatkan dalam peternakan sapi perah bapak saya sejak kelas lima SD usia 11 Tahun, sudah belajar ngambil rumput atau ngarit bapak saya membuatkan sebuah alat angkut yang dipikul namanya sundung yang dibuat dari bambu bentuknya seperti  dua segitiga sama kaki yang posisinya dibalik.yang disatukan dengan satu batang bambu sebagai porosnya tempat untuk memikul....."dulu senang banget dibikinin sundung untuk ngambil rumput"  ..karena kita bisa pergi sama teman teman untuk nyari rumput atau nyari kayu bakar atau jajaba...(daun pohon pines yang kering untuk alas tidur sapi). Dulu bisa ngarit (ngambil rumput) serasa bangga karena orang tua dulu pasti memuji anak yang sudah rajin dan mau membantu orang tua.

Pada tahun sembilan puluhan pada saat saya masih SD peternak sangat jarang bisa dihitung dengan jari , propesi penduduk banyaknya sebagai petani itu pun hanya sekitar 20%, peternak sapi perah paling hanya 5% yang paling besar sebagai buruh tani atau pegawai kontrak perkebunan teh Sukawana.Setelah mulai ada pembelian tanah besar besaran oleh depeloper dan berdirinya villa villa mewah, tergeserlah dunia pertanian yang dulunya petani atau buruh tani ahirnya banyak beralih propesi menjadi peternak.Sehingga pada saat itu pertumbuhan peternakan sapi perah sangat berkembang pesat apalagi dibarengi dengan adanya BANPRES ..atau bantuan presiden.Pada saat itu saya sudah kelas 6 SD. Pada waktu itu saya sudah dipercaya untuk looper susu atau nganterin susu ketempat penampungan wuhhh jaraknya cukup jauh kurang lebih satu kilometer dari rumah.dulu akses jalan masih jelek dan jalan kerumah pun masin jalan setapak yang kanan kirinya dipenuhi pohon jambu yang besar besar, tiap hari nganterin susu gak pakai milkcan kaya sekarang dulu pakai kaleng bekas cat, jadi kalau musim hujan karena jalanya masih tanah dan licin banyak yang tumpah itu hampir setiap hari ... dan dulu belum semuanya pakai sepatu  boot kaya sekarang. Tiap hari saya datang kesekolah selalu kesiangan karena harus nganterin susu dulu ...dan itu berlangsung sampai saya kels 3 SMA. tapi ada baiknya juga saya jadi dikenal sama guru guru disekolah." terkenal kesianganya."

Kenangan yang paling berkesan dalam peternak sapi perah, itu pada saat musim kemarau, kami para peternak mencari rumput sampai kedalam hutan bahkan sampai kepuncak Gunung Tangkuban Perahu yang berjarak 5 km dari rumah. Naik dari ketinggian 1370m diatas permukaan laut ke ketinggian 1800san. kebayang kan kemiringanya saya jamin kalau orang yang gabiasa jalan kaki tanpa beban ke puncak gunung bisa sampai 3 jam, kami para peternak naik kepuncak gunung membawa troli atau gerobak beroda satu yang bisa mengangkut rumput 200kg, beban gerobaknya sekitar 30 sampai 40 kg ditambah perbekalan satu jerigen 5liter air cadangan untuk air minum dan bungkusan nasi bersama beberapa potongan ikan asin dan sambal terasi ...menu paporit untuk dihutan..berjalan dari rumah jam 6 pagi sampai di tujuan sekitar jam 7 ngambil rumput selama dua jam pulang kerumah jam 11 siang, dengan membawa beban rumput 200kg dari puncak gunung.hal ini hampir di alami semua peternak dan anak anak peternak yang ada di kawasan kaki gunung Tangkuban Perahu yang dilakukan tiap hari selam musim kemarau. Rumput yang kami ambil berupa daun pakis, daun harenong, rumput hutan, alang - alang muda dan banyak lagi tanaman hutan yang bisa dimakan sapi.Trek yang kami lalui tak semulus yang diperkirakan dari mulai lereng tebing yang curam , berbahaya , sampai kawasan daerah binatang buas harimau sama macan kumbang, dan hampir setiap hari ada cerita peternak yang lari takut harimau ..., pada saat saya sekolah pagi hari saya sudah anterin gerobak ke puncak gunung berangkat sehabis solat subuh disimpan di tempat biasa ngambil rumput dan natinya akan di isi oleh ayah atau ibu saya yang ngambil rumput kedalam hutan, sampai dirumah jam 6 pagi nganterin susu terus pergi kesekolah  dan sudah pasti kesiangan. siang harinya pulang sekolah langsung pergi lagi kehutan untuk ngambil gerobak yang sudah di isi.Perjuangan yang sungguh luar biasa berkesan.Kalau sekolah siang , sudah pasti sebelum sekolah pergi pagi masuk kedalam hutan sampai dipuncak gunung ngambil rumput dan pulangnya gak boleh lewat dzuhur .. kalau engga pasti kesorean. dan ini pasti terjadi kalau rumputnya sudah susah di cari...tapi walau kesiangan atau kesorean saya pasti akan tetap sekolah. ga pernah ada kata bolos dalam hidup saya dan saya tetap mencoba untuk aktip dalam organisasi disekolah walau pun harus kejar kejaran dengan rumput...Saya ceritakan  hal ini karena ini yang umum terjadi untuk anak anak  peternak Lembang dan ini merupakan kunci bagi para peternak untuk tetap bertahan dan sebagai catatan penting gunung Tangkuban Perahu merupakan penunjang utama bagi peternakan sapi perah yang ada di desa hutan kawasan Lembang.

Peternakan Sapi Perah Merupakan hal yang paling potensial bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Para peternak sapi perah seperti karyawan yang ada pada usahanya sendiri karena dengan adanya koperasi pembayaran dari hasil produksi susunya tepat dan terjadwal 15 hari sekali.Sehingga ini memicu banyaknya penawaran berupa kredit yang hampir setiap saat masuk ke para peternak.Dan pada saat ini saya akan bercerita peternakan tahun 2000 an atau milenium baru.masuk tahun dua ribuan budaya masyarakat sedikit bergeser yang dulunya bawa sundung bawa gerobak roda satu, sekarang hampir semua kegiatanya menggunakan kendaraan bemotor baik sepeda motor maupun mobil. ini di picu karena adanya inflasi dari harga sapi tahun sembilan puluhan seharga Rp 5000.000 Per ekor sekarang tahun 2015 harga puncaknya mencapai Rp21.000.000, inflasi ini disebabkan beberapa faktor yaitu ;naiknya harga susu dan besarnya permintaan konsumen akan produk yang dihasilkan peternakan...." dulu kalau mau beli motor harus ngejual sapi perah 3 ekor tapi sekarang cukup menjual satu ekor sapi.".Peternak yang dulu apabila musim kemarau masuk hutan sekarang lebih mudah cukup dengan pesan jerami, rumput atau bahan makanan yang lainya. Hanya tinggal telpon. secara hitungan ekonomis tahun sembilan puluhan lebih menguntungkan dan seimbang dengan beban perjuangannya, tahun dua ribuan sekarang nilai aset hitunganya lebih besar namun keuntunganya sedikit, tapi pekerjaanya jadi lebih mudah.

Perkiraan perkembangan peternakan sapi perah yang akan datang
Peternakan sapi perah yang akan datang pasti berbasis dunia informasi dimulai dari penjualan susu freshmilk yang langsung ke konsumen sampai jual beli sapi yang sudah online, dan pada saat sekarangpun sudah mulai berlangsung. walau hasilnya net propit sedikit tapi peternakan akan menjadi lebih mudah dan ketersediaan bahan pakanya akan lebih banyak.So sebagai seorang peternak jangan hawatir peternakan bisa lebih maju dengan teknologi tepat guna dan yakin kita bisa lebih maju dengan inopasi yang sesuai dengan tantangan yang ada.

Wednesday, June 17, 2015

Pupuk Kandang Asli Green Lembang

Proses produksi -
pupuk - Green - Lembang
Pupuk yang berasal dari formulasi kotoran sapi murni, sekam bakar (arang sekam), Tanah Lembang, di buat dengan cara fermentasi alami yang menggunakan tanah Lembang sebagai degradatornya karena dalam tanah sudah terdapat banyak bakteri organik sebagai pengurai.

Pupuk ini tidak berbau kotoran sapi karena bau kotoran sapi telah terurai oleh tanah lembang dan terserap oleh karbon yang dihasilkan dari Sekam Bakar.
formulasi ini telah melalui percobaan secara alami melalui berbagai tanaman hias, sayuran dan buah buahan dan hasilnya sangat bagus.
Melalui testimoni para pelanggan kami baik yang di jakarta ataupun dibandung mereka sangat puas karena tanaman bunga hias, sayuran, sama buah buahanya pertumbuhan sama perkembanganya sangat bagus.

Tujuan Utama Dari Pengolahan Pupuk Kandang Asli Green Lembang
Pengolahan Pupuk Kandang Asli Green Lembang dimulai dari banyaknya limbah kotoran sapi yang tak terserap oleh pertanian sehingga terbuang dan menjadi limbah yang mencemari lingkungan.
Tujuan utama dari Pengolahan pupuk kandang asli Green Lembang adalah sebagai upaya untuk menangani masalah limbah peternakan sapi perah, serta sebagai sarana pemberdayaan untuk peternak agar dapat mengelola peternakanya secara baik dan ramah lingkungan.

Hasil Proses Produksi
Pupuk - Green - Lembang
Proses Pengolahan Pupuk Kandang Asli Green Lembang ini di mulai dari tahun 2003, dengan produksi 50 bungkus pupuk yang ditawarkan kepada para pedagang bunga. Alhamdulillah pada saat ini puncak produksi sampai 100 ton per bulan dan kami kedepanya berencana terus mengembangkan produksi dan pemasaran dengan target 200ton/bulan. Dengan tekad dan semangat yang kuat mudah mudahan rencana ini dapat tercapai....Amiin.

Ketan Bakar Lembang, tempat asik untuk nongkrong

Ketan Bakar Lembang
Setiap lewat jalan kota lembang pasti tercium aroma khas ... Aroma yang membuat perut perotes untuk di isi , aroma segar dari asap pembakaran ketan bakar. Kalau kita bepergian berkunjung untuk berwisata pasti banyak rencana kegiatan yang akan dilakukan dari mulai persiapan sampe acara poko berkunjung ke tempat tempat sejarah penting, atau menikmati berbagai sajian wisata yang tersedia di setiap daerah wisata. Kali ini saya dan keluarga sedang jalan jalan di kota lembang dari siang hari bekunjung ke tempat wisata yang ada dilembang, ploting market,sama Tahu Lembang wihh seru tapi cape banget, waktu sore harinya menjelang magrib saya ingin menikmati suasana malam di kota Lembang, cari cari tempat jajanan yang menarik, banyak berjejer dari mulai Gorengan, makanan trdisional sampe seafood banyak terjaja di pinggiran jalan. Sangat enggoda membuat kita ingin mampir dan menikmati makanannya, yang berkesan dan nenarik perhatian, jajaran yang berjualan Ketan Bakar semuanya saling berdampingan antar tiap pedagang, tmeja meja kecil, pembakaran , etalase yang berisi ketan siap bakar dan colenak,...kalau denger Colenak jadi ngiler rasa manisnya yang legit dan aromanya yang khas. Sekarang disamping meja meja kecil ada kursi kursi kecil tempat nyantei mantep banget pinggir jalan, makan Ketan Bakar Sama kopi hitam dan udara yang sejuk bikin betah.

Banyak orang orang lagi nyantei duduk sambil ngopi dari wajah sama dan karakternya mereka orang kota yang lagi nongkrong ngobrol kongkow kongkow ... Asik banget kayanya.
Makan Ketan Bakar bukan hanya rasanya yang enak dan mengenyangkan, tapi sekarang lebih ke sensasinya yang nyantai dan menyenangkan. Dan menjadi pilihan tempat alternatip untuk nayantai dan nongkrong. Suasananya lembang banget

Sedikit ulasan cara membuat Ketan Bakar...infonya dari si bibi tukang ketan ... "Sambil bolak balik ketanya"

1. Pilih bahan ketanya yang bagus ketan yang hitam atau ketan yang putih.
2. Tanak ketanya sampai mateng tapi jangan terlalu lembek usahakan aga keras atau bear.
3. Setelah tanak atau mateng ketan diaduk sampai sedikit kalis atau liket jangan terlalu liket atau kalis karena bisa jadi uli... atau ulen.
4. Dicetak dalam bentuk kotak kotak dan di dinginkan selama satu hari.
5. Ketan siap di bakar.
untuk rasanya bisa dipareasi sesuai keinginan atau di campur santan .... Ini tip untuk yang rasanya original.
6. Cara membakarnya sebaiknya dalam panggangan yang tidak terlalu panas. Agar tidak gosong.
Selamat mencoba

Tips untuk memilih tempat membeli ketan bakar .... banyaak berjejer ... bikin keder.
  1. Perhatiakan kebersihan lingkunganya bersih atau tidak.
  2. Perhatikan tempatnya sensasi untuk nyanteinya karena ini bagian terpentingnya
  3. Perhatikan kelengkapan barang atau bahan yang dijual atau yang disediakanya....karena bisa saja terjadi dropshit disini penjual yang ga mau rugi bisa ngambil dari punya rekanya...nah yang rugi nantinya kita karena harganya jadi lebih mahal
Sebetulnya sekilas juga kita bisa lihat mana yang paling baik dari semuanya. Bagi yang suka bikin IO ini bisa jadi bagian dari menu istirahat yang mempunyai sensasi atau drop langsung ke penjualnya biar jadi seperti bonus acara tambahan dengan sensasi makan ketan bakar pinggir jalan ini bisa menjadi bagian yang menarik pengunjung. Tentunya harus dikemas dalam inopasi servis yang lebih baik lagi.
atau menu Ketan Bakar bisa jadi bagian dari menu tambahan dalam setiap kegiatan dan ini benar benar ciri khas lembang.
itumah hanya sekilas sensasi Makan Ketan Bakar Pinggir jalan , yang bisa jadi ajang pertemuan sama teman, Keluarga atasan atau siapa aja yang mau kita teraktir karena harganya sangat murah tapi sensasinya luar biasa nyaman bener bener berkesan. Yang mau jalan jalan kelembang dan mau dipandu kemana aja tempat menarik di lembang boleh hubingi saya. Salam Lestari dari Green Lembang.

Monday, June 15, 2015

Green Lembang

Green Lembang Team terus ber inovasi untuk lingkungan yang lebih baik
Selamat datang di Green Lembang , dalam blog ini kami menginformasikan tentang berbagai kegiatan pertanian hususnya tanaman bunga hias, sayuran, buah buahan dan seputar kegitan sosial peternakan. Green Lembang merupakan bagian dari misi kami yang ingin mewujudkan lingkungan yang sehat, hijau, indah dan segar. Karena Dua puluh tahun yang lalu kami adalah generasi terahir yang merasakanya. Lembang merupakan kawasan pertanian dan peternakan yang pada saat ini hampir 50 % lahanya berubah menjadi kawasan Villa, Hotel, dan tempat wisata. Menjadi kawasan yang menarik untuk orang orang kota yang melepaskan kepenatan dan refresh, berlibur bersama keluarga.

Seiring dengan kemajuanya perkembangan penduduk menjadi bertambah mata pencaharian para petani semakin berkurang karena terbatasnya lahan pertanian. Sebagian besar petani beralih mata pencaharianya menjadi peternak sapi perah, dan menjadikan kawasan Lembang sebagai penghasil susu sapi terbesar se Indonesia. Para peternak sapi perah masih bertahan karena masih ditunjang oleh adanya lahan rumput yang bekerja sama dengan perhutani. Green Lembang merupakan harapan semua masyarakat lembang yang memimpikan hidup kembali seperti di alam tahun delapan puluhan.Apabila kita berada diatas bukit dan melihat mulai dari puncak bukit sampai dasar lembah hampir tak terliahat tanahnya, karena semuanya tertutup daun pepohonan. Pohon jambu, apukat, mangga, pisang dan yang terbanyak pohon jeruk garut, Wuuh pokonya sorga makanan. Mau makan buah buahan tinggal metik dan ada aturan yang unik kita boleh ngambil atau metik buah buahan dimana saja dan punya siapapun asal untuk di makan bukan untuk di jual. Jadi kalau ngambil satu atau dua buah buahan sal dimakan gak disebut nyolong.

Perkembangan peternakan sapi perah semakin tahun semakin berkembang, dalam setiap hari sapi perah menghasilkan susu sebagai bahan pangan yang esensial dan juga menghasilkan kotoran sapi yang jumlahnya ratusan ton setiap hari, ini merupakan masalah namun juga peluang , karena kotoran sapi bisa di olah menjadi pupuk organic yang berguna bagi pertanian. Namun sayang masih banyak yang kebuangnya dan menjadi limbah , oleh karena itu kami Green Lembang Team mencoba membuat sebuah upaya pengolahan pupuk organic agar kotoran sapi yang banyak itu gak terbuang dan dapat dimamfaatkan.

Pada saat ini Green Lembang Team sudah melakukan proses pengolahan pupuk organic walau masih dalam sekala kecil tapi kami terus berupaya, dan mempunyai mimpi dapat mengolah  seluruh limbah peternakan sapi perah juga memberikan penghasilan tambahan bagi para peternak. Green Lembang sekarang telah mengolah pupuk organikk berupa media bunga hias. Yang sudah dipasarkan ke Jakarta, Sumatra dan Bandung. Bagi rekan rekan yang bergelut di penjualan bunga hias bisa order nih untuk nambah nambah penjualanya. Dan untuk rekan rekan semua yang hobi bercocok tanam bisa pakai pupuk kami, dijamin pupuk kandang merk Green Lembang asli dan kualitasnya bagus jaminan 100 % uang kembali kalau hasilnya jelek dan kami siap menyediakan konsultasi untuk anda dalam memelihara tanamanya.