Wednesday, June 17, 2015

Ketan Bakar Lembang, tempat asik untuk nongkrong

Ketan Bakar Lembang
Setiap lewat jalan kota lembang pasti tercium aroma khas ... Aroma yang membuat perut perotes untuk di isi , aroma segar dari asap pembakaran ketan bakar. Kalau kita bepergian berkunjung untuk berwisata pasti banyak rencana kegiatan yang akan dilakukan dari mulai persiapan sampe acara poko berkunjung ke tempat tempat sejarah penting, atau menikmati berbagai sajian wisata yang tersedia di setiap daerah wisata. Kali ini saya dan keluarga sedang jalan jalan di kota lembang dari siang hari bekunjung ke tempat wisata yang ada dilembang, ploting market,sama Tahu Lembang wihh seru tapi cape banget, waktu sore harinya menjelang magrib saya ingin menikmati suasana malam di kota Lembang, cari cari tempat jajanan yang menarik, banyak berjejer dari mulai Gorengan, makanan trdisional sampe seafood banyak terjaja di pinggiran jalan. Sangat enggoda membuat kita ingin mampir dan menikmati makanannya, yang berkesan dan nenarik perhatian, jajaran yang berjualan Ketan Bakar semuanya saling berdampingan antar tiap pedagang, tmeja meja kecil, pembakaran , etalase yang berisi ketan siap bakar dan colenak,...kalau denger Colenak jadi ngiler rasa manisnya yang legit dan aromanya yang khas. Sekarang disamping meja meja kecil ada kursi kursi kecil tempat nyantei mantep banget pinggir jalan, makan Ketan Bakar Sama kopi hitam dan udara yang sejuk bikin betah.

Banyak orang orang lagi nyantei duduk sambil ngopi dari wajah sama dan karakternya mereka orang kota yang lagi nongkrong ngobrol kongkow kongkow ... Asik banget kayanya.
Makan Ketan Bakar bukan hanya rasanya yang enak dan mengenyangkan, tapi sekarang lebih ke sensasinya yang nyantai dan menyenangkan. Dan menjadi pilihan tempat alternatip untuk nayantai dan nongkrong. Suasananya lembang banget

Sedikit ulasan cara membuat Ketan Bakar...infonya dari si bibi tukang ketan ... "Sambil bolak balik ketanya"

1. Pilih bahan ketanya yang bagus ketan yang hitam atau ketan yang putih.
2. Tanak ketanya sampai mateng tapi jangan terlalu lembek usahakan aga keras atau bear.
3. Setelah tanak atau mateng ketan diaduk sampai sedikit kalis atau liket jangan terlalu liket atau kalis karena bisa jadi uli... atau ulen.
4. Dicetak dalam bentuk kotak kotak dan di dinginkan selama satu hari.
5. Ketan siap di bakar.
untuk rasanya bisa dipareasi sesuai keinginan atau di campur santan .... Ini tip untuk yang rasanya original.
6. Cara membakarnya sebaiknya dalam panggangan yang tidak terlalu panas. Agar tidak gosong.
Selamat mencoba

Tips untuk memilih tempat membeli ketan bakar .... banyaak berjejer ... bikin keder.
  1. Perhatiakan kebersihan lingkunganya bersih atau tidak.
  2. Perhatikan tempatnya sensasi untuk nyanteinya karena ini bagian terpentingnya
  3. Perhatikan kelengkapan barang atau bahan yang dijual atau yang disediakanya....karena bisa saja terjadi dropshit disini penjual yang ga mau rugi bisa ngambil dari punya rekanya...nah yang rugi nantinya kita karena harganya jadi lebih mahal
Sebetulnya sekilas juga kita bisa lihat mana yang paling baik dari semuanya. Bagi yang suka bikin IO ini bisa jadi bagian dari menu istirahat yang mempunyai sensasi atau drop langsung ke penjualnya biar jadi seperti bonus acara tambahan dengan sensasi makan ketan bakar pinggir jalan ini bisa menjadi bagian yang menarik pengunjung. Tentunya harus dikemas dalam inopasi servis yang lebih baik lagi.
atau menu Ketan Bakar bisa jadi bagian dari menu tambahan dalam setiap kegiatan dan ini benar benar ciri khas lembang.
itumah hanya sekilas sensasi Makan Ketan Bakar Pinggir jalan , yang bisa jadi ajang pertemuan sama teman, Keluarga atasan atau siapa aja yang mau kita teraktir karena harganya sangat murah tapi sensasinya luar biasa nyaman bener bener berkesan. Yang mau jalan jalan kelembang dan mau dipandu kemana aja tempat menarik di lembang boleh hubingi saya. Salam Lestari dari Green Lembang.

No comments:

Post a Comment